Suzuki Satria F150 Club

Artikel > Satria F150
Asuransi motor
Dikirim oleh lucas
Senin, 15-Agustus-2011, 13:52:19 (3455 klik) Versi Cetak


Tidak semua bisa diklaim.....


Punya motor yang diasuransi memang membuat hidup tenang. Tidur nyenyek makan pun enak. Tetapi bro/sis harus tahu bahwa tidak semua asuransi motor bisa diklaim. Berikut kondisi ya:

1. Melakukan tindak kejahatan
Motor yang dipakai untuk tindak kejahatan maka otomatis tidak bisa diklaim asuransi.
contoh, motor dipinjam. Oleh peminjam motor tersebut dipakai untuk tindak kejahatan. Sialnya ketahuan dan motor pun dibakar massa. Kalo sudah begini maka si pemilik akan menanggung sediri akibatnya.

2. Kelengkapan Surat
Apabila motor tersebut ada surat yang tidak lengkap maka pihak asuransi berhak menolak klaimnya. Karena di perjanjian disebutkan bahwa setiap pengendara wajib memiliki surat ijin berkendara.
Contoh motor dipakai adik pemilik. Tetapi mengalami kecelakaan dan si adik tidak memiliki pelengkapan surat seperti SIM karena usia belum sampe.

3. Kesalahan data
Dalam pengajuan proses klaim, konsumen wajib menyertakan data dokumen. Diantara ya surat kehilangan dari pihak kepolisian. Setiap data dokumen harus benar. Kalau ada yang 'diumpetin' atau salah kasih data maka pihak asuransi bakalan menolak klaim ya.

4. Tidak mencapai 75%
Pihak asuransi akan menilai besar kerusakan yang dialami. Ada beberapa asuransi yang hanya mengganti jika kerusakan mencapai 75%.
Untuk motor yang masih berusia sampai setahun maka penggantinya motor yang sama tahunnya. Namun setelah melewati masa satu tahun berikutnya harga penggantiannya tergantung dari nilai jual motor tersebut dihitung saat kejadian.

5. Melanggar lalu lintas
Khusus untuk santunan yang diberikan oleh pihak PT. Jasa Raharja ada perjanjian untuk membatalkan klaim. Yakni korban yang secata nyata melanggar peraturan lalu lintas sehingga korban masuk kategori kecelakaan lalu lintas.

6. Segera Lapor Polisi
untuk beberapa asuransi ada yang menerapkan peraturan 3x24 jam lapor polisi untuk surat laporan kehilangan setelah kejadian. Apabila surat laporan melewati waktu yang telah ditentukan maka klaim bisa ditolak pihak asuransi.

itu aja buat info bro/sis ya...
mudah-mudahan bisa menambah wawasan baru tentang klaim asuransi yang rada riber prosesnya.

diambil dari berbagai sumber...
thx to FIF, Oto finance, Jasa raharja

 
Username:
Password:

» Registrasi
» Lupa Password?
Total Klik: 2285738
Total Online: 1
 Hak cipta terpelihara ©2005 ssfc.or.id, pk.
Enak dilihat pada resolusi 800x600.
Segala merek dagang yang terdapat pada situs ini adalah hak milik dari masing-masing pemilik.
Situs ini dibangun menggunakan morON CUMS (http://moron.datacrux.org), 2005 pk.
Tema layout "moron_ssfc_or_id_two", disain oleh pk, integrasi kode oleh pk, 2005 SSFC, Suzuki Satria F150 Club.
Bacalah dengan seksama Kesepakatan dan Aturan Main.